Rabu, 18 September 2019

Waroeng Kopi Klotok Jogja

Warung Kopi Klotok di Jalan Kaliurang KM 16, Pakem, Yogyakarta dalam tiga tahun ini seperti menjadi destinasi wajib pembolang ketika jalan-jalan ke Kota Gudeg Jogkakarta. Warung jadul bergaya Jawa tersebut booming setelah foto-fotonya ramai diunggah para penikmat kuliner di media sosial berbagi gambar Instagram.

Bangunan joglo khas rumah tradisional Jawa Tengah menjadi daya tarik bagi warung itu. Apalagi, letaknya berada tepat di tepi sawah. Suasana ndeso pun langsung terasa ketika pengunjung dating.

Jalan masuk ke warung itu adalah pintu kayu yang rendah. Beberapa pengunjung kudu sedikit menunduk.

Meskipun bernama warung kopi klotok, warung makan yang mengusung konsep kampung ini tidak hanya menyediakan kopi. Justru menu yang paling digemari dan menjadikan keberadaan warung ini populer adalah sego jangan (nasi sayur). 

Warung Kopi Klotok menyediakan aneka sayur yang biasa dimasak oleh ibu di rumah, antara lain lodeh kluwih, lodeh terong, lodeh tempe lombok ijo, sayur asem, dan sop ala ndeso. Selain itu ada juga lauk yang tak kalah ndesonya seperti pindang goreng, telur dadar, tempe garit, dan sambel dadak.
Tiba di ruangan pertama, pengunjung akan langsung menemui sebuah ruangan yang lapang. Di sisi kanan terdapat meja panjang dengan beragam lauk. Ada sayur lodeh, sayur lombok ijo, telur, tempe, tahu, dan masakan rumahan khas Jawa Tengah lainnya. Pengunjung bisa langsung memilih.

Setelah mengambil makan ala prasmanan, pengunjung memilih tempat duduk. Bisa di dalam rumah joglo, di serambi belakang, atau di luar, yakni lesehan di tepi sawah. Orang-orang biasanya berebut tempat di serambi belakang. Sebab, spot tersebut paling strategis. Sembari makan, pengunjung bisa menikmati ke hamparan sawah dan pohon-pohon Kelapa.
Mereka akan memesan kopi dan pisang goreng.
Waktu terbaik mengunjungi Kopi Klotok ialah pagi hari. Menjelang siang, apalagi saat hari libur, pengunjung akan sulit mencari tempat duduk lantaran penuh wisatawan.


19 September 2019
#mamansumantri
Ditulis di jam senggang kantor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar