Selasa, 29 Maret 2016

Ngebolang ke Singapore Part 1

Hallo agan – agan semua, kali ini gw akan coba berbagi pengalaman backpack ke Singapore kemaren siapa tau bakal bermanfaat bagi agan – agan semua yang akan berencana travelling ke Singapore. Untuk perjalanan ke Singapore ini gw menghabiskan waktu selama 4D3N ( 22 – 25 Maret 2016 ) kebetulan perginya pas hari Ultah gw hehehehe.

Liburan ini sdh direncanakan jauh” hari, dimana tiket pesawatnya gw beli pada saat ada promo sekitar 6 bulanan, untuk hotel kebetulan gw member jadi dapat harga discount gtu. Ini Negara sebenarnya kalo kita lihat dipeta cuma setitik besarnya tapi sangat berkesan buat gw. Selama di Singapore gw udah visit ke beberapa site point yang merupakan tempat wisata yang menjadi favorite list bagi para turis dan traveler.

Hari pertama di singapore yang gw lakukan pas sampe Bandara Internasional Changi Singapore adalah ke bagian imigrasi buat ngecek semua dokumen, waktu mau bagian imigrasi, siapin dulu ‘departure card’ yang sudah dibagiin di pesawat. Kalo gak dapet, ambil aja di meja di dinding sebelah kanan trus agan – agan isi deh.

Isinya hanya informasi pribadi sesuai dengan paspor, nomor penerbangan, embarkasi sebelum ke Singapura (ini dijawab dengan bandara tempat kalian take off), dan juga embarkasi setelah Singapura (kalau kalian hanya transit di sana dan berniat untuk pergi ke negara lain setelahnya), alamat selama tinggal di Singapura, lama tinggal. Jawablah dengan jujur, dan santai aja.

Alat transportasi yang paling ngetrend disana adalah MRT ( Mass Rapid Transit ), Seandainya akan naik MRT untuk keluar dari Changi Airport menuju tujuan lain, sebaiknya lihat tanda MRT yg ada di Bandara, sekarang pilihan agan – agan untuk ke kota, mau naik apa , Taxi ? MRT ? Bis Charter ? stasiun MRTnya ada di terminal 2 & 3, jadi harus naik sky train dulu, tinggal liat papan petunjuk, atau tanya ke bagian informasi buat yg baru pertama kali naik MRT kaya gw.

Karena tujuannya hanya satu terminal, maka setelah masuk skytrain, langsung turun dipemberhentian pertama (sekaligus terakhir). Sampai di terminal 2, lihatlah petunjuk untuk menuju MRT Station yang kalau gw tidak salah ingat tempatnya turun 3 tingkat dibawah.

Untuk yang melanjutkan dengan bis atau taksi, setahu gw juga ada di Terminal ini, silahkan tanya ke petugas yang ada, tempat pemberhentian taksi atau bis di terminal 2. Jangan lupa untuk turun di stasiun MRT Tanah Merah ( 2x stop dari Changi) untuk interchange / ganti kereta, karena kereta akan balik lagi ke Changi.

Kalau agan – agan yang hanya tinggal selama 1-3 hari dengan intensitas bepergian yang padat, gw sarankan untuk memakai kartu STP ( Singapore Tourist Pass ). Tourist Pass ini semacam transportation smart card yang bisa digunakan untuk bus, MRT dan LRT ( Light Rail Transit ) ke manapun dan kapanpun agan – agan pergi tanpa ada tambahan biaya lagi.

Harganya bervariasi, 1 day pass ( 20 SGD ), 2 days pass ( 25 SGD ) dan 3 day pass ( 30 SGD ), (10 SGD akan direfund saat agan – agan mengembalikan kartu sebelum waktu expiry yang mereka tentukan, biasanya 2 hari setelah masa berlaku kartu habis).

Tourist pass ini bisa dibeli di ticket office, begitu kalian turun dari eskalator langsung putar balik ke kiri, konternya buka jam 12 siang terletak di pojok kanan hall), setelah beli agan - agan bisa jalan-jalan sekuatnya sampai gempor tuh kaki nggak masalah Hehehehe.

Selain itu juga ada EZ Link, transportation smart card untuk para penduduk lokal di Singapura yang bisa di top-up kapanpun bila balancenya habis. Agan - agan juga bisa pakai sih di sana kalau tinggal lebih dari 3 hari dengan intensitas bepergian yang nggak begitu padat, menghemat lebih banyak dolar dan nggak ada minusnya juga.

Kebetulan selama disingapura gw dan keluarga stay di Hotel Novotel Clarke Quay terletak di 77A River valley Road, stasiun MRT terdekat adalah Clarke Quay dan halte bus ada disamping hotel.

Dari airport, gw naek MRT jalur hijau turun / berganti di Tanah Merah, kemudian dilanjut sampe stasiun Outram Park, dari stasiun Outram Park berganti kejalur ungu dan naek ( 2 x stop sampe di Clarke Quay ) dari stasiun Clarke Quay menuju hotel tinggal jalan kaki kira” 500 meter, selama jalan kaki menuju hotel pemandangan serta suasananya sangat ramai dan amazing banget buat gw dan sekeluarga salah satunya ada public facility seperti photo box yang bisa agan – agan share hasil photonya ke giant screen yang ada disitu, pokoknya yang namanya rasa lelah dan cape ilang semua.

Karena sampe dihotel sudah malam setelah check in gw dan sekeluarga langsung istirahat untuk persiapan ngebolang besoknya, kebetulan daftar list tempat wisata tujuan besok sudah kita persiapkan mau kemana aja.

29 Maret 2016

#mamansumantri

Ditulis sambil ngopi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar