Kamis, 25 Februari 2016

Sejuknya Situ Patenggang

Next long weekend kemaren dari Kawah Putih lanjut ke Situ Patenggang cuy...
Sekilas tentang Situ Patenggang...Situ Patenggang merupakan sebuah danau cantik yang terletak di daerah Ciwidey, Jawa Barat. Agan - agan dapat merasakan ketenangan melihat danau ini dan merasakan sejuknya udara pegunungan yang berhembus serta merasakan udara yang dingin dan segar saat mengunjungi danau ini.

Ditambah lagi letaknya yang tidak jauh dari obyek wisata yang sudah terkenal yaitu Kawah Putih. Jadi dengan mengunjungi satu lokasi, agan - agan dapat menikmati dua tempat wisata menarik sekaligus yaitu Kawah Putih dan Situ Patenggang....mantebbb yaaaa.

Dalam perjalanan menuju Situ Patenggang, panorama serba hijau alami akan menjadi pemandangan yang menyejukkan mata dan bikin melekkkk mata. Pepohonan rindang dan hamparan kebun teh dengan daunnya yang rapat membuat warna hijau menjadi semakin dominan.

Di sepanjang jalan menuju danau banyak jalanan berkelok - kelok harus dilalui untuk mencapai tujuan, tetapi akan terasa menyegarkan karena nuansa pegunungan yang hijau dan udara bersih khas pegunungan akan menyertai perjalanan agan - agan. Selain itu, perkebunan strawberi yang ada di sepanjang perjalanan dapat pula menambah daya tarik daerah wisata ini.

Lokasi tepatnya di bagian selatan kota Bandung di Ciwidey. Untuk mengunjungi tempat ini, Agan - agan bisa keluar dari pintu tol Kopo atau Buah Batu lalu menuju ke arah selatan Bandung. Beberapa petunjuk jalan menuju Ciwidey atau Kawah Putih bisa agan –agan ikuti untuk menuju tempat ini.

Sesampainya di Situ Patenggang yang berada di balik hamparan kebun teh, danau luas dan berair tenang akan menyambut agan - agan. Pegunungan menjulang mengelilingi Situ Patengan.

Di tepi danau, banyak perahu-perahu dengan warna-warna yang terang siap mengantarkan agan - agan dan keluarga menjelajahi lebih jauh danau ini, untuk agan – agan yang tertarik ingin menyewa perahu untuk mengelilingi danau ( harga perorang 25rbu rupiah ). Tawar-menawar untuk menyewa perahu biasa dilakukan pengunjung agar mendapatkan harga yang tidak terlalu mahal.

Jika agan - agan tidak mau terlalu jauh dari tepi pantai, menggowes sepeda air cukup menarik untuk dicoba. Atau agan - agan dapat sekedar duduk-duduk menikmati ketenangan air danau di tempat-tempat yang telah disediakan.

Jika agan - agan menyewa perahu, agan - agan dapat mengunjungi sebuah pulau yang ada di tengah danau ini. Pulau yang tidak terlalu besar ini ditumbuhi pohon-pohon dengan daun yang rindang, jadi agan - agan dapat beristirahat sejenak di pulau yang tenang ini.

Yang juga menjadi favorit di tempat ini adalah lokasi Batu Cinta. Sebuah lokasi yang berada di tengah danau dengan sebuah batu besar . Batu inilah yang disebut dengan Batu Cinta.

Batu Cinta berasal dari sebuah legenda Jawa Barat. Di tempat inilah Ki Santang dan Dewi Rengganis, sepasang kekasih yang harus melewati perjalanan sulit dalam percintaan mereka, akhirnya bertemu kembali di tempat ini, setelah sebelumnya terpisah. Air yang mengisi danau ini menurut mitos masyarakat Patengan berasal dari deraian air mata kedua manusia tersebut ( sumber mbah google ).

Itu sebabnya beberapa orang juga menyebut Situ Patenggang sebagai Situ Penganten. Kisah ini dapat agan - agan baca pada sebuah lukisan bergambar panorama Situ Patengan yang berada di lokasi Batu Cinta. Masyarakat setempat juga percaya bahwa jika mengunjungi Batu Cinta bersama pasangan, maka hubungan pasangan tersebut akan langgeng.

Patenggang memang sebuah danau yang menarik untuk dikunjungi. Agan - agan bisa mendapat berbagai cerita menarik setelah mengunjungi danau ini. Keindahan dan kesejukan alamnya, membuat agan - agan kembali segar.

26 Februari 2016

#mamansumantri

Ditulis sambil clingak clinguk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar